News Article :

Home » » Code Struktur Dasar Template Blogspot

Code Struktur Dasar Template Blogspot

sebelum melangkah jauh pada pengeditan template mungkin pengenalan struktur dasar template blogspot ini perlu perlu diutamakan, apalagi buat yang baru pertama kali mengenal blogspot. pada kesempatan ini akan saya sampaikan struktur template blogspot secara garis besar saja yang mudah-mudahan ini dapat membantu anda yang baru belajar mengedit blog.g mudah-mudahan ini dapat membantu anda yang baru belajar mengedit blog.

selamat siang sahabat bloger semuanya dan pada kesemoatan kali ini ane pingin posting code Struktur Template pada blogspot ,yang mana ini mungkin akan berguna untuk buat para pemula yang baru mengenal blogspot serta senang mengutak - ngatik template blog Dan di sini ane mau mencoba menerangkannya secara garis besarnya saja mudah - mudahan keterangan di bawah ini bisa membantu sobat - sobat semua .
Jika sobat - sobat penasaran silakan lihat gambar di bawah ini sebagai bayangan .


Kalu lihat gambar di atas berarti Code struktur template di bagi menjadi beberapa bagian :

1. Body                                 2. Outer wrapper
3. Header                              4. Main Wrapper / Area Post
5. Sidebar Left / Right            6. Footer

Dan Code - code struktur tadi masing - masing mempunyai kegunaannya tersendiri , coba simak penjelasan di bawah ini :


BODY  : Pada area ini keseluruhan konten atau isi dari blog ditampung, area ini ditandai dengan kode awal dengan tag <body> dan kode akhir tag </body> dimana diantara kode tersebut menyimpan hampir semua kode HTML namun bisa juga untuk menyimpan Javascript atau CSS namun yang paling banyak adalah menyimpan kode HTML. untuk template blogger baru kode <body> nya adalah
 <body expr:class='&quot;loading&quot; + data:blog.mobileClass'>.

OUTER WRAPPER  :  Area ini merupakan frame atau pembungkus dari keseluruhan bagian template, yang terdiri dari header, sidebar, main wrapper/post dan footer. outer wrapper ini didalam template biasa untuk kode CSSnya #outer-wrapper atau .outer-wrapper sedang pada kode HTMLnya
<div id="outer-wrapper"> dan diakhiri dengan </div>. namun untuk template blogger baru kode outer-wrapper sudah diganti dengan content-inner sehingga buat sobat yang menggunakan template blogger baru silahkan cari kode content-inner sebagai pengganti outer-wrapper.

HEADER : Area ini adalah area yang letaknya berada dibagian paling atas, pada umumnya area ini berisi judul dan deskripsi blog dan bisa juga ditambahkan menu navigasi dibagian atas maupun dibagian bawahnya, terkadang ada juda yang digunakan untuk meletakan gambar/banner iklan disamping judul blog. kode yang biasa berada di area ini diantaranya header-wrapper, header-inner, header-outer.

MAIN WRAPPER/POST : Area ini merupakan yang paling penting didalam blog dan ini merupakan bagian paling besar, disini menyimpan beberapa bagian yang diantaranya judul post, Isi post, komentar dan mungkin juga keterangan lain yang menyangkut blog.

SIDEBAR LEFT :  area ini adalah area yang terletak dibagian kiri blog, biasa digunakan untuk menyimpan widget atau aksesories blog. kode yang biasa digunakan untuk ini lsidebar,sidebarleft.
SIDEBAR RIGHT : Area ini sama dengan sidebar left namun letaknya berada dibagian kanan.

FOOTER : Area ini merupakan bagian paling bawah, disini biasanya untuk meletakan hak cipta atau keterangan kepemilikan blog.

Cttan : Buat yang menggunakan template blogger baru mungkin ada beberapa perbedaan dalan kode namun pada intinya sama saja, jadi silahkan saja sobat sesuaikan saja


Sekian Dulu mudah - mudahan bermanfaaf ....Wasalam

1 komentar:

 
Support : Copyright © 2014 Catatan Belajar Blog | Tips Dan Trik - All Rights Reserved
Blog creatif By : Wildan Taupiq | Proudly powered by : Blogger